Headlines News :

Home » , » KETUA KPU MENARUH HARAPAN BESAR PADA APLIKASI SILOG

KETUA KPU MENARUH HARAPAN BESAR PADA APLIKASI SILOG


Jakarta, kpu.go.id- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik, menaruh harapan besar pada aplikasi Sistem Informasi Logistik (SILOG) yang tengah dikerjakan bersama oleh KPU, Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Badan Informasi Geospasial (BIG).

Hal tersebut diutarakan Husni Kamil Manik dalam pertemuan tripartit (KPU, ITB, dan BIG) Senin (24/9) pagi ini di Gedung KPU, Jl. Imam Bonjol 29, Jakarta.

“Saya sangat berharap, aplikasi SILOG ini dapat menyelesaikan problem-problem besar dalam logistik Pemilu 2014 nanti, termasuk perencanaan, program, dan distribusinya. Semoga ada pemikiran-pemikiran dan ide-ide yang kontributif dalam pembuatan aplikasi, sehingga dapat mencakup semua kebutuhan dan nilai-nilai ketepatan dalam logistik,” kata Husni.

Ketepatan dalam logistik itu, menurut Husni, mencakup 5 (lima) hal, yakni, tepat waktu, tepat jumlah, tepat jenis, tepat lokasi, dan tepat standar mutu.

“Pada Pemilu 2004 lalu, masih banyak pengiriman logistik yang salah sasaran, serta data yang tidak akurat. Bayangkan, besoknya pemilu, amplop untuk surat suara baru tiba malam harinya di provinsi. Bagaimana bisa sampai ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) tepat waktu?” ulasnya.

Permasalahan lain, lanjut Husni, adalah jumlah logistik yang tidak sesuai dengan jumlah kebutuhan real. Itu semua, menurutnya, terjadi karena faktor perencanaan yang kurang matang.

“Ada satu daerah yang menerima surat suara hingga berton-ton, padahal kebutuhannya tidak sebanyak itu. Tetapi di lain pihak, ada juga petugas di TPS yang berteriak-teriak karena kekurangan formulir,” kenang mantan anggota KPU Sumatera Barat selama 2 (dua) periode itu.

Selain Husni, hadir dalam pertemuan yang merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding atau MoU) pada Juni 2012 lalu itu, anggota KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah dan Juri ardiantoro; Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPU, Suripto Bambang Setyadi; serta Kepala Biro (Karo) Logistik KPU, Boradi.

Sementara dari ITB, diwakili oleh Kepala Unit Sumber Daya Informasi (USDI) ITB, Basuki S; Kepala Divisi Pengembangan Sistem USDI, Mugi Sugiarto; dan 2 (dua) orang staf USDI.

BIG diwakili oleh Kepala Pusat Pelayanan Informasi Kebumian (PPIK) BIG, Dodi Sukmayadi, dan seorang stafnya.
Share this article :
 
KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN SINJAI
Jl. Bhayangkara No.11 , Telp (0482) 21915, Fax. (0482) 2425423
Email : kpusinjai@yahoo.co.id
MELAYANI PEMILIH MENGAWAL HAK PILIH