KPU Terkini :

Home » , » KPU SOSIALISASIKAN (LAGI) MEKANISME VERIFIKASI KEPADA 34 PARPOL

KPU SOSIALISASIKAN (LAGI) MEKANISME VERIFIKASI KEPADA 34 PARPOL


Jakarta, kpu.go.id- Untuk mensosialisasikan mekanisme verifikasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali menggelar pertemuan dengan partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2014, Jumat (21/9) di Gedung KPU, Jl. Imam Bonjol 29, Jakarta.
 
Kali ini, KPU mengundang 34 parpol yang lolos tahap pendaftaran, yang secara resmi telah ditutup pada 7 September lalu.

Ketua KPU, Husni Kamil Manik; anggota KPU, Hadar Nafis Gumay, Ida Budhiati, Juri Ardiantoro, dan Sigit Pamungkas; serta Wakil Sekretaris Jenderal, Asrudi Trijono, hadir pada pertemuan yang ketiga kalinya ini (pertemuan pertama pada 19 Juli 2012, dan pertemuan kedua pada 9 Agustus 2012 -red).

“Pada kesempatan ini, KPU ingin mendiskusikan proses perkembangan verifikasi, tahap demi tahap, serta dokumen apa saja yang harus dilengkapi sebagaimana ketentuan. Batas akhirnya kan tanggal 29 Septermber ini, jadi kesempatannya tinggal 8 (delapan) hari lagi,” ucap Husni Kamil Manik, seraya mengucapkan rasa terimakasihnya atas kehadiran para pimpinan parpol di KPU.

Sementara, anggota KPU, Ida Budhiati, menyampaikan beberapa point penting terkait jadwal verifikasi, yang tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 7 2012 yang telah dirubah dengan PKPU Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Tahapan, Program, dan Jadual, dan PKPU Nomor 8 Tahun 2012 yang telah dilengkapi dengan PKPU Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu.

“Pemenuhan kelengkapan dokumen dan penerimaan Kartu Tanda Anggota (KTA) sampai tanggal 29 September 2012, pukul 16.00 WIB. Verifikasi administrasi sampai tanggal 6 Oktober 2012, dan hasilnya akan disampaikan pada 7-8 Oktober 2012. Setelah itu, tanggal 9-15 Oktober 2012, KPU akan memberikan kesempatan kepada partai untuk memperbaiki dan/atau melengkapi dokumen," urai anggota KPU Divisi Hukum itu.

"Selanjutnya, verifikasi admnistrasi tahap II akan dilakukan pada 16-22 oktober 2012, dan hasilnya akan disampaikan pada 23-25 Oktober 2012. Sedangkan verifikasi faktual pada 26 Oktober-3 November 2012, dilakukan secara paralel oleh KPU, KPU provinsi, dan KPU kabupaten/kota,” sambung Ida.

Lanjut Ida, verifikasi faktual di tingkat kabupaten/kota waktunya lebih panjang, yakni sampai 20 November 2012. Hal tersebut, karena selain kepengurusan partai, surat keterangan domisili kantor, dan surat keterangan 30% keterwakilan perempuan, KPU kabupaten/kota juga harus memverifikasi faktual keanggotaan partai.

“Jika setelah dilakukan verifikasi faktual, ternyata data yang diserahkan tidak sesuai dengan data di lapangan, KPU akan melakukan tahap perbaikan,” kata Ida.

Terkait verifikasi KTA ganda, Ida menjelaskan, KPU menerapkan ketentuan, yaitu, apabila ganda dalam parpol yang sama, maka dihitung 1 (satu), dan jika ganda antar parpol, akan ditindaklanjuti dengan memanggil yang bersangkutan untuk menandatangani formulir yang berisi pernyataan sikap (Model F 12-PARPOL-red).

“Terkait formulir, ada tambahan formulir, yakni formulir yang memuat daftar nama dan alamat pengurus parpol tingkat pusat,” tambah Ida.

Singkatnya waktu untuk melakukan perbaikan pada tahap verifikasi administrasi, anggota KPU, Sigit Pamungkas, menekankan agar parpol dapat memanfaatkan waktu yang sempit itu.

“Tolong waktu yang sangat pendek itu dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Sigit menambahkan, jumlah sebaran wilayah dan jumlah penduduk tetap harus berpedoman pada Surat Keputusan (SK) KPU Nomor 156 Tahun 2012 Tentang Data Wilayah Administrasi Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Jumlah Penduduk Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk Keperluan Persyaratan Menjadi Peserta Pemilu Anggota DPR dan DPRD.

“Data itu dari Kementerian Dalam Negeri  (Kemendagri). KPU sudah meminta untuk diberikan data terbaru. Kalau tidak diberikan, maka yang dipakai adalah data yang terkecil,” terang Sigit.

Sementara, anggota KPU, Hadar Gumay, lebih banyak memaparkan mengenai SIPOL (Sistem Informasi Partai Politik). Menurutnya, SIPOL itu bisa digunakan untuk memantau proses entry data, pengisiannya dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, serta printout-nya dapat dipakai untuk keperluan formulir pendaftaran.

“KPU mendorong kepada partai yang belum memasukkan datanya melalui SIPOL(sipol.kpu.go.id), agar segera melakukan hal itu,” kata Hadar.
Share this article :

Apa tanggapan anda setelah menerima layanan dari Kantor KPU Sinjai

 
KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN SINJAI
Jl. Bhayangkara No.11 , Telp (0482) 21915, Fax. (0482) 2425423
Email : kpudsinjaiku@gmail.com
MELAYANI PEMILIH MENGAWAL HAK PILIH