Headlines News :

Home » , , , » KPU Sulsel Segera Verifikasi Berkas ‘Balon’

KPU Sulsel Segera Verifikasi Berkas ‘Balon’

MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Selatan akan melakukan verifikasi berkas adimistrasi dan dukungan partai politik selama tujuh hari terhadap para bakal calon gubernur dan wakil gubernur setelah mereka mengajukan pendaftaran.

“Setelah mereka mendaftar, berkas bakal calon (balon) akan kembali diverifikasi administrasi termasuk syarat dukungan parpol apakah mencukupi 15 persen atau tidak. Berkas yang diserahkah nanti satu asli dan satu fotokopi,” tutur anggota KPU Sulsel Bidang Devisi Teknis Penyelenggaran Pilkada, Ziaurrahman, Jumat.

Ia mengatakan, syarat dukungan 15 persen akan diakui KPU setelah dilakukan verifikasi dukumen selama tujuh hari. Apabila tidak terpenuhi maka mereka akan dinyatakan gugur.

“Bisa saja setelah pemeriksaan, syaratnya tidak mencukupi maka akan digugurkan. Kami akan memberikan tanda bukti penerimaan berkas resmi ke balon. Kalau memenuhi maka akan di tetapkan sebagai calon secara resmi,” ujarnya.

KPU Sulsel menjadwalkan verifikasi pemeriksaan berkas pada 16-17 September, setelah pendaftaran balon mulai 13-14 September 2012. Sementara untuk perbaikan berkas yang dinyatakan lolos 20-23 September

“Untuk tahapan selanjutnya, 20 September akan dilakukan pemeriksaan kesehatan para calon Gubernur dan wakil Gubernur. Selanjutnya KPU memeriksa dokumen kekayaan para calon dan dilaporkan ke KPK dan diumumkan sebelum kampanye,” ujarnya.
Terkait dengan adanya dukungan partai yang bermasalah seperti dualisme kepengurusan dalam mengusung salah satu pasangan calon, kata dia, tetap akan diperiksa dengan menganut pada Surat Keputusan (SK) terakhir yang berlaku.

“Kalau terjadi kepugurusan ganda di tingkat wilayah maka akan dilakukan verifikasi ke tingkat pusat. Bila masih bermasalah di tingkat DPP Pusat maka akan diteruskan ke Kementerian Hukum dan HAM untuk diproses. Dan bila masih bermasalah maka dukungan akan dicoret,” katanya.

Berdasarkan rapat koordinasi di Kantor KPU Sulsel dihadiri tim sukses masing-masing pasangan balon, Ketua Panitia Pengawas Pemilu, dan Kapolrestabes Makassar, maka ditetapkan pasangan Rudianto Asapa-Andi Nawir (Garuda-Na) mendaftar pada Kamis, 13 September pukul 13:00 Wita.

Untuk pasangan Balon Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu’mang (Sayang) pada Jumat, 14 September pukul 13:00 Wita, menyusul pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Kahar Mudzakkar (IA) pukul 14:00 Wita di KPU Sulsel.

Tim pemenangan Sayang melalui Jamaluddin Syamsir mengklaim telah memenuhui syarat 15 persen dengan dukungan 9 partai politik. Sementara pasangan IA melalui Nur Namri Noer juga mengklaim lebih dari 15 persen dengan dukungan 29 kursi. Sementara Garuda-Na mengklaim mengantongi dukungan 18 persen dari parpol gurem

(sumber: http://antara-sulawesiselatan.com, Sabtu, 01 September 2012)
Share this article :
 
KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN SINJAI
Jl. Bhayangkara No.11 , Telp (0482) 21915, Fax. (0482) 2425423
Email : kpusinjai@yahoo.co.id
MELAYANI PEMILIH MENGAWAL HAK PILIH