KPU Terkini :

Home » , » Pemilu Serentak Dinilai Lebih Fokus dan Hemat Biaya

Pemilu Serentak Dinilai Lebih Fokus dan Hemat Biaya

Anggota KPU, Hadar Nafis Gumay
Jakarta,- Wacana pemilihan umum (Pemilu) serentak mendapat sambutan dari anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hadar Nafis Gumay. Menurut dia, Pemilu serentak dilakukan, maka pelaksanaannya bisa lebih fokus karena semua perhatian dipusatkan pada helat akbar itu.

"Jika pemilu serentak dilakukan maka perhatian, petunjuk, dan arahan bisa dilakukan dengan baik. Penyelenggara juga akan memusatkan perhatian pada pemilu," ujar Hadar dalam Dialog Interaktif DPD RI dengan tema 'Pemilu Nasional dan Lokal Serentak', di Jakarta, Jumat (28/9).

KPU, lanjut dia, berpandangan bahwa pemilu serentak itu perlu segera direalisasikan dengan membuat landasan hukum pelaksanaan pemilu itu. "Sebagai penyelenggara pemilu, KPU ikut saja jika memang dilangsungkan pelaksanaan pemilu serentak," tambah dia.

Menurut dia, ada dua model pelaksanaan pemilu serentak. Pertama adalah pelaksanaan pemilu legislatif dan presiden yang dilakukan serentak. Kemudian dilanjutkan dengan pemilihan kepala daerah yang juga dilakukan secara serentak.

Dengan demikian, dalam lima tahun hanya akan ada dua pemilu yakni pemilu secara nasional dan lokal. "Wacana pemilu serentak ini sebenarnya bukan barang baru, sudah sejak lama. Untuk itu, KPU berpandangan perlu segera direalisasikan," tuturnya.

Pemilu serentak, kata Hadar, jika dilihat dari segi anggaran maka akan menghemat biaya yang dikeluarkan untuk penyelenggaraan pemilu.

Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia, Ahmad Fauzi Ray Rangkuti, mengatakan masyarakat sudah jenuh dengan banyaknya pemilihan yang terjadi di Tanah Air. Mulai dari pemilu legislatif, presiden, pilkada gubernur, dan pilkada kabupaten/kota.

"Masyarakat sudah jenuh datang ke TPS, karena apa yang mereka lakukan tidak sebanding dengan output," jelas Ray. Untuk itu, Ray mendukung adanya upaya penerapan pemilu serentak di Tanah Air asalkan format pemilihan yang dilakukan itu jelas. (Sumber : antara dan www.republika.co.id)
Share this article :

Apa tanggapan anda setelah menerima layanan dari Kantor KPU Sinjai

 
KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN SINJAI
Jl. Bhayangkara No.11 , Telp (0482) 21915, Fax. (0482) 2425423
Email : kpudsinjaiku@gmail.com
MELAYANI PEMILIH MENGAWAL HAK PILIH