KPU Terkini :

Home » , , , » DPR dan KPU Bahas Aturan Kampanye Media

DPR dan KPU Bahas Aturan Kampanye Media

KPU, Sinjai,-- Komisi I DPR RI mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan memanggil penyelenggara Pemilu KPU, Bawaslu, dan lembaga penyiaran, dalam hal ini Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) serta Komisi Informasi (KI), Selasa, (25/2/2014). RDP ini untuk mendengar secara langsung kesiapan payung hukum dalam berkampanye dan penindakan apa saja yang telah dilakukan bagi pelanggaran kampanye politik yang terjadi sampai saat ini.

Rapat yang dipimpin oleh Mahfudz Siddiq ini melahirkan dua rekomendasi, yaitu,
 
1. Komisi I mendesak kepada Tim Gugus Tugas yang beranggotakan KPU, Bawaslu, KPI dan KI untuk menyosialisasikan kesepakatan bersama Tim Gugus Tugas kepada peserta Pemilu dan lembaga penyiaran guna memastikan berjalannya aturan main yang sudah dibuat untuk memenuhi prinsip keadilan dan akses yang sama bagi peserta Pemilu.
 
2. Komisi I DPR RI mendesak kepada Tim Gugus Tugas untuk segera melakukan moratorium semua iklan politik dan iklan kampanye yang dilakukan peserta Pemilu sebelum dimulainya masa kampanye terbuka yang dimulai tanggal 16 Maret hingga 5 April 2014.
 
Keputusan moratorium ini diperoleh setelah diskusi alot tentang iklan-iklan berbau politik yang tayang di sejumlah lembaga penyiaran. Beberapa lembaga penyiaran itu sebagian besar bahkan dimiliki oleh pimpinan partai politik. Sementara bagi Bawaslu, iklan politik bisa dikategorikan pelanggaran karena masa kampanye terbuka baru bisa dilakukan tanggal 16 Maret 2014. (Sumber : kpu.go.id)
pic.int
Share this article :

Apa tanggapan anda setelah menerima layanan dari Kantor KPU Sinjai

 
KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN SINJAI
Jl. Bhayangkara No.11 , Telp (0482) 21915, Fax. (0482) 2425423
Email : kpudsinjaiku@gmail.com
MELAYANI PEMILIH MENGAWAL HAK PILIH