Headlines News :

Home » , » 301 Kabupaten/Kota Kekurangan Surat Suara

301 Kabupaten/Kota Kekurangan Surat Suara

KPU, Sinjai,-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI masih kekurangan 2,7 juta surat suara atau sekitar 0,37 persen dari seluruh surat suara yang diproduksi. Hal itu diungkapkan Komisioner KPU Arief Budiman, dalam rapat koordinasi dan penyerahan berita acara rekapitulasi perbaikan DPT, yang dihadiri Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), partai politik (Parpol) peserta pemilu, lembaga pemantau dan Dirjen Adminduk Kemendagri, Selasa (25/3).

Menurut Arief, kekurangan 2,7 juta surat suara itu tersebar di 301 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Hal ini akibat adanya surat suara yang rusak, yang ditemukan saat proses penyortiran dan pelipatan surat suara di KPU Kabupaten/Kota.

Ia optimis masalah tersebut dapat segera teratasi, mengingat kekurangan itu terpecah-pecah di berbagai wilayah dengan jumlah antara 100-300 surat suara per TPS. Sehingga apabila dimaksimalkan proses pencetakan surat suara dapat selesai dalam waktu satu sampai dua hari.
 
Staf KPU Sinjai saat sortir surat suara (pic/mimink)
KPU mentargetkan, pada 31 Maret 2014, surat suara sudah sampai di KPU Kab/Kota. Sehingga masih ada waktu sekitar lima hari untuk mengirim surat suara ke daerah-daerah sebelum pemilihan legislatif berlangsung.
 
Lebih lanjut, Arief mengatakan, distribusi surat suara harus disesuaikan dengan jumlah DPT ditambah 2 persen di tiap-tiap TPS, dengan pembulatan ke atas untuk masing-masing jenis surat suara. (Sumber : kpu.go.id)
Share this article :
 
KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN SINJAI
Jl. Bhayangkara No.11 , Telp (0482) 21915, Fax. (0482) 2425423
Email : kpusinjai@yahoo.co.id
MELAYANI PEMILIH MENGAWAL HAK PILIH